TUGAS POKOK DAN FUNGSI DALAM STRUKTUR ORGANISASI
PAUD DIGITAL AISYIYAH BRANGSI LAREN LAMONGAN
Tahun Pelajaran 2023/2024
a. Tugas Pembina PAUD (Dinas pendidikan)
Memberikan pembinaan untuk kegiatan program PAUD
b. Tugas Penasihat dan penanggungjawab (Yayasan)
- Mengusahakan optimalisasi pengemangan pendididkan dari sisi penyediaan sarana dan prasarana pendidikan termasuk fasilitasnya ;
- Mengusahakan optimalisasi sumber dana dan sumber belajar dengan bekerjasama dengan berbagai pihak;
- Berkonsultasi dengan konsultan pendidikan terutama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan ;
- Memberikan masukan/ nasihat kepada pengelola terkait hal-hal yang harus dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan ;
- Mengangkat dan memberhentikan pengelola dan tenaga pengajar ;
- Berperan aktif membantu penerapan program pembelajaran yang telah disusun dalam kurikulum oprasional
c. Tugas kepala sekolah
- Menyusun rencana strategis dan menyusun rencana pembelajaran yang melibatkan seluruh komponen yang berada dibawah lembaga paud ;
- Mengkoordinasikan dan melakukan pembinaan diktarik dan metodik kepada tenaga-tenaga pengajar, tenaga administrasi, dan seluruh komponen yang berada dibawah lembag paud ;
- Memberikan pengarahan tentang tumbuh kembang anak, penggunaan prosedur dan peaporan perkembangan anak ;
- Melakukan pembinana terhadap program dan kegiatan yang diselengarakan guru, dan asisten guru ( guru pendamping )
- Membina kegiatan administrasi kelembagaan ;
- Membuat perencaan anggaran sekolah ;
- Melakukan kegiatan supervise kepala sekolah ;
- Memberikan berbagai alternative inovasi dan pengembangan pembelajaran ;
- Pekerjaan dengan pihak lain ter.utama pihak yayasan dan pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu pendidikan ;
- Berperan aktif membantu penerapan program pembelajaran yang telah disusun dalam kurikurum oprasional
d. Tugas pendidik/ Guru PAUD
- Mengidentifikasi kepribadian anak secara mendalam untuk dapat melihat karakternya;
- Menguasai profil perkembangan anak yang terdiri dari 6 aspek sesuai dengan kurikulum PAUD yang berlaku ;
- Membimbing kreatifitas yang menumbuhkan potensi secara sabar, bijak, menyenangkan, ceria, santai dan penuh kasih sayang ;
- Kreatif dalam merancang dan menciptakan berbagai permainan untuk anak, dalam konteks pendekatan belajar yang lebih memotifasi anak ;
- Mampu menjalin komunikasi denngan orang tua anak secara bijaksana ;
- Mengidentifikasi tiap-tiap anak sebagai individu yang memilii kebetuhan unik dalam pengaaman hidup, kepribadian anak, minat anak, dan gaya belajar anak ;
- Menyelengarakan kegiatan bermain yang memicu tumbuh kembang anak dengan cara bernyayi, bercerita, dan eksplorasi;
e. Tugas Tata Usaha
- Membantu fungsi administrasi umum, keuangan, sarpras baik dari sekretaris, bendaharamaupun kepala sekolah;
- Menyusundan menyajikan data statistik dan grafik keadaan siswa dan profil guru dengan rapih ;
- Membuat dan menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan surat menyurat dan dokumen lain yang di perlukan ;
- Menyiapkan berbagai sarana dan prasarana, khususnya yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran.
f. Tugas petugas kebersihan
- Menjalankan tugas dan fungsi kebersihan lingkungan paud ;
- Menjalankan tugas dan fungsi penataan keindahan kerapian lingkungan paud ;
- Berusaha memberikan contoh perilaku akhlaqul karima didalam maupun diluar paud ;
- Berperan aktif membantu penerapan program pembelajaran yang telah disusun dalam kurikulum oprasional ;
- Wajib mengikuti program-program pembinaan yang diselengarakan oleh yayasan.
g. Tugas Wali Murid
- Mendukung pelaksanaan kegiatan program paud ;
- Berperan serta dalam kegiatan paud ;
Terlibat dalam penyelengaraan pendidikan
h. Tugas Peserta didik ( murid )
- Menjaga hubungan baik dengan guru maupun dengan sesame temannya ;
- Belajar dengan baik

Tidak ada komentar:
Posting Komentar